Webinar BIM for Global Networking Construction

 

WEBINAR NASIONAL TEKNIK SIPIL POLITEKNIK NEGERI JAKARTA DENGAN TEMA

 “BIM FOR GLOBAL NETWORKING CONSTRUCTION”

 

Depok, 29/04/2021, Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Jakarta menyelenggaran webinar nasional dengan mengusung tema, “BIM for Global Networking Construction”. Webinar diadakan secara daring melalui zoom meeting mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB. Kegiatan ini dibuka oleh Direktur Politeknik Negeri Jakarta, Dr.Sc. H. Zainal Nur Arifin, Dipl-Ing. HTL., M.T., dan dihadiri oleh Wakil Direktur Bidang Akademik, Nunung Martina, S.T., M.Si., dan jajaran struktural, serta para dosen dan mahasiswa di Jurusan Teknik Sipil PNJ.

Dr.Sc. H. Zainal Nur Arifin, Dipl-Ing. HTL., M.T., membuka kegiatan webinar tersebut. “Link and match antara perguruan tinggi dan perusahaan/industri sudah mulai diinisiasi oleh PT Waskita Karya dengan Politeknik Negeri Jakarta dalam teknologi BIM pada Jurusan Teknik Sipil. BIM ini menjadi kompetensi prioritas di Jurusan Teknik Sipil. Ke depannya, diharapkan juga perusahaan-perusahaan lainnya yang mengembangkan teknologi untuk dapat juga membagikan pengetahuan/ilmu-ilmu yang baru ke perguruan tinggi,” ujar Bapak Zainal.

Kegiatan webinar dilaksanakan dalam enam sesi. Pemaparan materi dilakukan dalam lima sesi. Adapun para narasumber webinar ini, yaitu Dr. Benny Bandanadjaya, S.T., M.T. selaku Direktur PTVP (Direktorat Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi) Kemendikbud Ristek; Ir. Iwan Suprijanto, S.T., M.T. selaku Direktur Prasarana Strategis PUPR; Ir. Hadjar Seti Aji, M.Eng., selaku Direktur HCM & System Development PT Waskita Karya Persero (Tbk.); Bonny Reinhard Immanuel, selaku Business Development Manager PT Glodon; Dr. Dyah Nurwidyaningrum, S.T.,M.M., M.Ars., selaku Ketua Jurusan Teknik Sipil PNJ; dan Kharis Alfi, S.T., selaku BIM, Research and Innovation Manager PT Waskita Karya Persero (Tbk.).

Dr. Benny Bandanadjaya, S.T., M.T. selaku pembica pertama webinar Teknik Sipil menyampaikan materi mengenai, “Bidang vokasi saat ini memiliki tantangan yang lebih berat, yaitu di bidang riset dan teknologi.” Dr. Benny menyampaikan materi “Kebijakan Kemendikbud dan Desain Pendidikan Vokasi Era 4.0 dan 5.0”. Beliau membahas mengenai kurikulum pendidikan vokasi yang adaptif berdasarkan UU 12 tahun 2012 UU Pendidikan Tinggi. Lulusan vokasi adalah lulusan yang dipersiapkan untuk lulus dengan skill tinggi dan siap bekerja.

Selanjutnya, pembiara kedua webinar ini adalah Ir. Hadjar Seti Aji, M.Eng. selaku Direktur HCM & System Development PT Waskita Karya Persero (Tbk.). Ir. Hadjar memberikan materi dengan judul, “Building Information Modeling in Agility Mindset Approach”. Ir. Hadjar menjelaskan bahwa, “Untuk ke depannya perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan itu ‘uncertainty ahead’ artinya sesuatu dapat terjadi tanpa terduga-duga. Oleh karena itu, tantangan itu harus dijawab dengan ‘agility’.”

Pembicara ketiga, yaitu Bapak Adji Krisbandino (Dit. Prasastra CK) mewakili Iwan Suprijanto, S.T., M.T., Direktur Prasarana Strategis PUPR. Bapak Adji menyampaikan materi mengenai “Implementasi BIM pada Pembangunan Prasarana Strategis Direktorat Jenderal  Cipta Karya”. Beliau menyampaikan sisi government sebagai salah satu stakeholder dalam pembangunan di Indonesia. Dalam paparannya, Bapak Adji menjelaskan tujuan penerapan BIM pada proyek prasarana strategis, yaitu mengontrol dan mengendalikan proyek, mendokumentasikan proyek, meminimalkan Chief Complainance Officer (CCO) , dan memudahkan operation dan maintenance.

Pembicara keempat dari webinar ini, yaitu Kharis Alfi, S.T. selaku BIM, Research and Innovation Manager PT Waskita Karya Persero (Tbk.) Bapak Kharis menyampaikan materi mengenai, “Mempersiapkan Kompetensi Digitalisasi Konstruksi melalui Pengembangan Politeknik”. Beliau menjelaskan secara teknis mengenai BIM.

Selanjutnya, pembicara webinar ini adalah Ketua Jurusan Teknik Sipil, Dr. Dyah Nurwidyaningrum, S.T., M.M., M.Ars.

Beliau menyampaikan materi mengenai, “Kurikulum Jurusan Teknik Sipil Berbasis BIM”. Materi ini berkaitan dengan rangka membentuk kurikulum merdeka belajar. Dasar pemikiran tersebut, yaitu BIM PUPR, Kebijakan Dirjen Vokasi, Renstra dan RIP Politeknik Negeri Jakarta. Sasaran yang ingin dicapai PNJ pada 2024 adalah pemantapan lulusan berdaya saing Asia, peringkat 401-450 QS Asia, dan Pemantapan Kerjasama Asia. Sebagai upaya mencapai tujuan itu, Jurusan Teknik Sipil PNJ mulai mengadakan perubahan sarana pendukung, antara lain mengadakan sumber belajar daring yang bisa diakses melalui website sipil.pnj.ac.id, kelas smartclassroom untuk mendukung blended learning, adanya software pendukung pembelajaran, seperti Cubicost, TAS, TRB, TBQ, dan Tekla.

Pembicara berikutnya pada webinar ini, yaitu Bapak Bonny Reinhard Immanuel, Business Development Manager PT Glodon. “Bagaimana penggunakan BIM ini dapat digunakan di politeknik? Lalu, bagaimana output-nya? Tentu saja kemampuan yang dimiliki oleh lulusan sarjana terapan yang sesuai dengan permintaan di industri,” ujar Bapak Bonny.

Beliau menyampaikan materi mengenai, “Pengembangan Konstruksi Digital di Sektor Edukasi” yang di dalamnya berisi penjelasan tentang pengenalan PT Glodon, Konsep BIM, Referensi Proyek, Pengenalan Produk, dan Kolaborasi dengan sektor edukasi. Glodon dan PNJ sudah memulai melakukan ToT (training on trainer), student certification, kerja sama penelitian, dan smartclassroom.

Tantangan terbesar saat ini adalah digitalisasi konstruksi dalam mendukung revolusi industri 4.0. Kesiapan Indonesia dalam mengadopsi berbagai teknologi berbasis digital merupakan kunci pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kualitas itu. Perguruan Tinggi secara aktif dalam berperan untuk mendukung digitalisasi dalam revolusi industri 4.0 serta menyiapkan lulusan yang sesuai dengan kebutuhan dunia industri dan dunia kerja. Link and match antara dunia industri dan dunia kerja dapat tercapai bila ada sinkronisasi. Salah satu upaya yang sudah dilakukan oleh PNJ dengan pihak industri, yaitu sinergi dan kolaborasi  yang sudah dilakukan dan akan terus ditingkatkan. (LINDA)


Share :


File Nama File Format Type