“Semangat” Teknik Sipil Tahun 2022 - Evaluasi, Benahi, & Perbaiki Kinerja

“Semangat” Teknik Sipil Tahun 2022:

Evaluasi, Benahi, & Perbaiki Kinerja

Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Jakarta mengundang semua dosen pengampu seluruh mata kuliah ikut serta dalam rapat evaluasi yang dilakukan secara rutin setiap akhir semesternya. Begitu pula pada akhir semester Ganjil 2021/2022, pada tanggal 4 Februari 2022, kembali melaksanakan rapat evaluasi. Rapat evaluasi tersebut tidak hanya dihadiri oleh pimpinan struktural dari Jurusan Teknik Sipil, tetapi dihadiri juga oleh pimpinan di Politeknik Negeri Jakarta, di antaranya Direktur PNJ, Dr.Sc. Zainal Nur Arifin, Wakil Direktur Bidang Akademik, Wakil Direktur Bidang Keuangan, Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan, dan Wakil Direktur Bidang Kerja Sama.

Rapat evaluasi berlangsung sejak pagi hari hingga sore hari. Pada kesempatan tersebut, Dr. Dyah Nurwidyaningrum, S.T., M.M., M.Ars., selaku Ketua Jurusan Teknik Sipil, melaporkan mengenai Kinerja Jurusan Teknik Sipil.

Ibu Dyah menjelaskan bahwa di Jurusan Teknik Sipil ada perubahan susunan struktural. Saat ini Jurusan Teknik Sipil mengangkat I Ketut Sucita, S.ST., M.T. menjadi Koordinator PUTI (Pusat Unggulan Teknologi Infrastruktur). Hal ini sejalan dengan adanya pengembangan PUT (Pusat Unggulan Teknologi) yang sedang dalam proses perencanaan dan pembangunan di Politeknik Negeri Jakarta. Selain itu, Kepala Program Studi di beberapa Prodi juga mengalami perubahan, Andika, S.T., M.T. diangkat menjadi Kepala Program Studi D3 Konstruksi Sipil dan Mudiono, Ph.D., diangkat menjadi Kepala Program Studi D4 Teknik Konstruksi Gedung.

Selanjutnya, Ketua Jurusan Teknik Sipil juga menjelaskan bahwa saat ini sedang dilakukan pembenahan dan inventarisasi alat laboratorium uji dan PUTI. Kepala Labroratorium Teknik Sipil yang baru saja diangkat, ialah Dr. Anis Rosyidah. Ibu Dyah menjelaskan bahwa pembenahan dan inventarisasi alat ini dilakukan guna mengetahui alat-alat apa saja yang sudah dimiliki oleh Jurusan Teknik Sipil dan alat-alat yang belum dimiliki, serta diperlukan dapat terpenuhi pada waktu mendatang sehingga peralatan laboratorium dapat semakin lengkap.

Pada rapat evaluasi, Ketua Jurusan Teknik Sipil, Ibu Dyah juga menyampaikan adanya beberapa perubahan yang diharapkan tahun 2022 antara lain terdapat tiga poin utama:

  1. Peningkatan Tata Kelola UPPS (Jurusan) untuk menyelenggarakan kerja sama dengan mitra industri nasional ke internasional;
  2. Terbangun sarana pembelajaran dan riset yang menunjang akreditasi nasional ke internasional program diploma, sarjana terapan, dan magister terapan;
  3. Tersedianya SOP dan perangkat untuk menunjang income generator jurusan dan institusi dengan menginteragrasikan PUTI.

Setelah pemaparan dari Ibu Dyah, rapat evaluasi dilanjutkan dengan laporan dari masing-masing Kepala Program Studi yang dilanjutkan dengan diskusi mengenai kendala-kendala yang dihadapi oleh mahasiswa Jurusan Teknik Sipil bersama para dosen.

Wakil Direktur Bidang Akademik, Nunung Martina, S.T., M.Si. sekaligus sebagai dosen di Jurusan Teknik Sipil memberikan juga penjelasan mengenai metode pembelajaran yang harus diterapkan pada setiap mata kuliah, yaitu metode project base learning dan case study. Menurut Ibu Nunung, Jurusan Teknik Sipil sebenarnya sudah mulai dapat menerapkan kedua metoode tersebut karena Jurusan Teknik Sipil dari hasil pembelajarannya dapat menghasilkan produk. Produk-produk yang dihasilkan ini tentu dapat dikembangkan kembali supaya dapat lebih baik lagi.

Direktur Politeknik Negeri Jakarta, Dr.Sc.Zainal Nur Arifin pada sesi kedua rapat evaluasi turut hadir. Direktur menjelaskan bahwa pada tahun 2022 ini mengundang senat perwakilan jurusan pada rapat evaluasi untuk dapat melaporkan kegiatan yang sudah dilakukan oleh anggota senat sehingga konstribusi dalam membuat kebijakan-kebijakan yang nantinya dilakukan oleh pimpinan. Kebijakan yang sudah diputuskan di senat untuk dapat dilaksanakan, seperti BLU. Kebijakan yang sudah ditetapkan bersama untuk dapat dilaksanakan secara bersama, tandasnya. (Linda)

 


Share :


File Nama File Format Type