Borong Juara Lomba KJI dan KBGI: Mahasiswa Teknik Sipil Membanggakan

Borong Juara Lomba KJI dan KBGI: Mahasiswa Teknik Sipil Membanggakan

Tidak ada usaha yang sia-sia inilah gambaran dari segala upaya maksimal yang sudah diraih oleh tiga tim mahasiswa peserta lomba KJI dan KBGI memborong kemenangan dengan penuh rasa bangga.

Tiga tim mahasiswa dari Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Jakarta berangkat bersama rombongan, dosen pembimbing, dosen pembina mahasiswa Teknik Sipil, Para Ketua Program Studi, dan Ketua Jurusan Teknik Sipil dengan penuh rasa tanggung jawab untuk mewakili Jurusan Teknik Sipil PNJ pada perlombaan KJI dan KBGI, 3/11 dini hari dari Kampus Politeknik Negeri Jakarta menuju Politeknik Negeri Pontianak. Ketiga tim tersebut, yaitu KJ-18, SAGEBRA 37, dan Equilibrium Sagera.

Serangkaian kegiatan lomba ini dilaksanakan mulai dari penerimaan proposal 26/6, pengumuman finalis 6/7, dan pelaksanaan lomba pada tanggal 4-7 November 2021. Lomba KJI dan KBGI tahun 2021 masing-masing mengusung tema, Kompetisi Jembatan Indonesia (KJI) ke-16 dengan tema "Berkarya Di Tengah Pandemi Untuk Jembatan Yang Kokoh Dan Indah" dan Kompetisi Bangunan Gedung Indonesia (KBGI) ke-12 dengan tema "Bangunan Gedung Masa Depan yang Ramah Lingkungan, Berkelanjutan, dan Tahan Gempa".

KJ-18, SAGEBRA 37, dan Equilibrium Sagera bersama dosen pembimbing masing-masing tim: Pembimbing KJ-18 (Dr. Mudiono Kasmuri, S.T., M.Eng.); Pembimbing SAGERA 37 (Sukarman, S.Pd. M.Eng.); serta Pembimbing Equilibrium Sagera (Yanuar Setiawan, S.T., M.T.) sudah melakukan persiapan dan latihan sejak jauh-jauh hari. Menurut Dosen Pembina Mahasiswa Teknik Sipil, “Persiapan dilakukan sejak akhir Mei 2021. Jurusan Teknik Sipil mempersiapkan peserta dengan baik sampai dengan pengadaan coaching proposal untuk melihat aspek yang perlu diperbaiki dari draft proposal. Setelah pengumuman finalis, persiapan berlanjut dengan kebutuhan lomba sampai dengan simulasi pembuatan bangunan dan jembatan dengan semua spesifikasi pada proposal dan ketentuan lomba,” ujar Jonathan Saputra, S.Si., M.Si.

Adapun detail kategori dan nama bangunan yang dibuat oleh tiga tim adalah sebagai berikut.

Kategori = Jembatan Model Rangka Baja

Nama tim = KJ-18

Nama jembatan = Akral Mawinei

 

Kategori = Model Bangunan Gedung Kayu

Nama tim = SAGEBRA 37

Nama bangunan = Fumila Niskala

 

Kategori = Model Bangunan Gedung Baja Canai Dingin

Nama tim = Equilibrium Sagera

Nama bangunan = Indefinitum Coercent

 

Ketiga tim mampu memborong piala dan mendali dalam lomba KJI dan KBGI tahun 2021 dengan rincian sebagai berikut.

1. Juara umum KBGI 2021 untuk tim KBGI PNJ (gabungan).

2. Juara 1 Bangunan Kayu untuk Sagebra 37.

3. Juara 3 Bangunan Baja Canai Dingin untuk Equilibrium Sagera.

4. Juara 3 Jembatan Model Rangka Baja untuk KJ-18.

5. Juara di 3 kategori, yakni kategori kreativitas dalam rancang-bangun, kategori kesesuaian implementasi terhadap design, kategori kinerja seismic untuk Sagebra 37.

Dengan menjadi juara lomba diajang bergengsi ini, menurut penuturan Bapak Jonathan saat ini mahasiswa Teknik Sipil dan Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil memiliki target capaian prestasi lainnya. arget utama untuk selanjutnya adalah mempertahankan gelar juara umum KBGI dan meraih kembali gelar juara umum KJI di tahun 2022. Selain itu, Himpunan Mahasiswa Sipil (HMS) dan Bridge and Building Club (BBC) juga akan mengikuti beberapa lomba tahunan di bidang teknik sipil dalam skala nasional maupun ASEAN.

Selaku dosen pembina mahasiswa, Pak Jonathan, menyampaikan bahwa "Do your best and let God do the rest" adalah pesan yang selalu saya sampaikan kepada mahasiswa Teknik Sipil yang berlomba, termasuk di lomba KJI KBGI 2021 ini. Lakukan yang terbaik, karena saya percaya mereka sudah mempersiapkan dan berlatih dengan sebaik mungkin. Jangan dahulu pikirkan hasil, karena itu sudah Tuhan tentukan, tapi kita punya kendali penuh untuk terus dan terus memberikan yang terbaik. Pesan saya kepada tim yang juara agar lekas memberikan transfer ilmu kepada adik tingkat di berbagai perlombaan, khususnya KJI KBGI 2022. Saya juga berharap agar prestasi ini mampu membakar api semangat di diri mahasiswa Teknik Sipil PNJ agar berani mencoba dan memberikan yang terbaik. Salam Sipil Hebat!” pungkasnya dengan penuh rasa bangga dan sukacita. (LINDA)


Share :


File Nama File Format Type