PNJ

Teknik Sipil

politeknik negeri jakarta


Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan


PROGRAM STUDI PERANCANGAN JALAN DAN JEMBATAN (terakreditasi B)

Program studi ini disingkat PJJ, memiliki 2 konsentrasi yaitu Konsentrasi Jalan Tol serta Jalan dan Jembatan, waktu kuliah selama 8 semester, dengan gelar kesarjanaannya adalah Sarjana Sain Terapan (SST). Program studi ini bekerjasama dengan PT. Bakrie Metal Industri dan PT. Jasa Marga Persero, dengan penerimaan mahasiswa pertama tahun 2004. Kerjasama dengan PT Bakrie Metal Industri dan PT. Jasa Marga dituangkan dalam MOU, dengan kewajiban masing-masing. Jurusan Teknik Sipil PNJ mengadakan kuliah rutin yang terkait dengan teori dasar jalan dan jembatan sedangkan pihak Jasa Marga menyiapkan kegiatan Praktek mahasiswa, Praktek Kerja Lapangan (PKL), Studi Ekskursi, dan pengadaaan dosen-dosen yang terkait dengan ilmu praktis dilapangan yang berhubungan dengan masalah jalan tol.

Mata kuliah inti untuk Konsentrasi Jalan Tol adalah: Geometri Jalan Tol, Konstruksi Jembatan, Sistem Informasi Jalan Tol, Manajeman Jalan Tol, Konstruksi Bangunan Jalan Tol, dan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan.

Mata kuliah inti untuk Konsentrasi Jalan dan Jembatan adalah: Konstruksi Jalan Raya, Konstruksi Jembatan, Manajeman Konstruksi, Perawatan dan Perbaikan Jalan, Perawatan dan Perbaikan Jembatan, Konstruksi Bangunan Sipil, serta Rencana Anggaran untuk jalan dan jembatan.

terakreditasi.png