PNJ

Teknik Sipil

politeknik negeri jakarta


Program Studi


Program Studi Konstruksi Gedung (terakreditasi A)
Program Studi Teknik Konstruksi Gedung yang berdiri tahun 1982 merupakan pendidikan vokasi jenjang Diploma III, mempersiapkan sumberdaya manusia profesional dalam bidang konstruksi bangunan gedung seperti perumahan dan gedung bertingkat. Selama proses belajar, mahasiswa dilatih mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, pengontrolan, pengujian konstruksi gedung sampai melaksanakan kontrak dan hubungan bisnis. Program Studi Konstruksi Bangunan Gedung menawarkan program reguler untuk lulusan SMA IPA dan SMK bidang teknik sipil.
Lulusan Program Studi Konstruksi Bangunan Gedung mempunyai kesempatan mengisi posisi penyelia dan pelaksana di perusahaan seperti kontraktor, investor, pengembang operator pembangunan konstruksi gedung, real estate, kantor pemerintah maupun swasta, dan BUMN.


Program Studi Konstruksi Sipil (terakreditasi A)
Program Studi Teknik Konstruksi Sipil yang berdiri tahun 1982 merupakan pendidikan vokasi jenjang Diploma III, mempersiapkan sumberdaya manusia profesional dalam bidang konstruksi bangunan sipil seperti jembatan, jalan, bendungan, dan pelabuhan. Selama proses belajar, mahasiswa dilatih mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, pengontrolan, pengujian konstruksi bangunan sipil sampai melaksanakan kontrak dan hubungan bisnis. Program Studi Konstruksi Bangunan Sipil menawarkan program reguler untuk lulusan SMA IPA dan SMK bidang teknik sipil.
Lulusan Program Studi Konstruksi Bangunan Sipil mempunyai kesempatan mengisi posisi penyelia dan pelaksana di perusahaan seperti kontraktor, investor, pengembang operator pembangunan konstruksi sipil, real estate, kantor pemerintah maupun swasta, dan BUMN.


Program Studi Konstruksi Gedung Konsentrasi Manajemen Konstruksi
Konsentrasi Manajemen Konstruksi dilakukan sejak semester 1 (satu), awalnya program ini merupakan pendidikan vokasi (dual degree) jenjang Diploma III Internasional dan Bachelor of Science (B.Sc) berdiri pada tahun 2005, bekerjasama dengan universitas swasta mempersiapkan sumberdaya manusia profesional dalam bidang konstruksi, properti dan manajemen proyek.
Selama proses belajar, mahasiswa berlatih melakukan proses tahapan suatu proyek, fungsi manajemen proyek, manajemen konstruksi, penjadwalan proyek, peraturan pembangunan, ijin-ijin pembangunan, lelang, kontrak, klaim konstruksi, penghitungan ekskalasi harga, instalasi lapangan, perencanaan dan pengendalian proyek. Program ini untuk lulusan Diploma III dengan latar belakang program yang sesuai dan nilai TOEFL minimal 450 dari lembaga resmi atau Politeknik Negeri Jakarta. Lulusan Program Studi ini mempunyai kesempatan mengisi posisi di perusahaan seperti kontraktor, pengembang, operator pembangunan konstruksi, real estate.


Program Studi Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan
Program studi ini adalah jenjang pendidikan vokasi program sarjana sains terapan, yang lulusannya akan mendapat gelar Sarjana Sains Terapan (SST). Program ini dibuka pertama kali pada tahun ajaran 2008/2009 berdasarkan Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan tinggi No. 163/DIKTI/Kep/2007 tentang penataan dan kodefikasi program studi pada perguruan tinggi dengan kode program studi 23-301.
Program studi ini bertujuan mempersiapkan sumber daya manusia profesional dan kompeten dalam bidang perancangan jalan dan jembatan. Lulusan program studi ini dapat mengisi posisi level manajemen dalam perusahaan seperti kontraktor, konsultan perencanaan maupun pengawasan, Pemerintah Daerah, BUMN, Depertemen Pekerjaan umum, dan Depertemen Perhubungan.


Program Studi Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan Konsentrasi Jalan Tol
Pemisahaan Konsentrasi Jalan Tol dilakukan sejak semester 1 (satu), dan program ini merupakan pendidikan vokasi program sarjana sains terapan didirikan bekerjasama dengan PT. Jasa Marga (Persero) dan dibuka mulai tahun akademik 2003/2004. Program Jalan Tol bertujuan mempersiapkan sumberdaya manusia profesional dan kompeten dalam bidang infrastruktur dan manjemen jalan tol. Dalam proses belajar, mahasiswa berlatih melakukan studi kelayakan, perencanaan, pembangunan, pengoperasian dan pemeliharaan jalan tol. Program Jalan Tol menawarkan Program Reguler untuk lulusan SMA IPA dan SMK bidang teknik sipil dan Program Lanjutan untuk lulusan D-III bidang teknik sipil.
Lulusan Program Jalan Tol dapat mengisi posisi level manajemen dalam perusahaan seperti kontraktor, konsultan, Pemerintah Daerah, Bank, BUMN, Departemen Kimpraswil, Departemen Perhubungan, operator, investor, dan kontraktor jalan tol.

Program Studi D4 (Sarjana Terapan) Teknik Konstruksi Gedung
Program Studi Sarjana Terapan Teknik Konstruksi Gedung merupakan program studi baru yang dikembangkan tahun 2013 melalui Program Sarjana Terapan Lanjutan Teknik Konstruksi Gedung dan Konsentrasi Manajemen Konstruksi. Mulai tahun 2015 menerima mahasiswa Program Sarjana Terapan Teknik Konstruksi Gedung untuk memenuhi kebutuhan tenaga sarjana terapan teknik konstruksi gedung. Kurikulum yang digunakan berbasis kompetensi industri, dikembangkan menyesuaikan kebutuhan industri konstruksi dan tuntutan perkembangan teknologi tanpa meninggalkan aspek lingkungan lingkungan, keselamatan dan kesehatan kerja konstruksi dan hubungan bisnis pada bidang konstruksi bangunan gedung.